5 Oleh Oleh Khas Jogja Yang Sayang Jika Anda Lewatkan


oleh oleh khas jogja

Oleh oleh Khas Jogja – Yogja memang merupakan salah satu kota yang khas akan kulinernya. Tak heran jika  dijuluki sebagai Kota Gudeg, karena gudeg merupakan salah satu oleh-oleh yang banyak digemari para wisatawan. Hampir di sepanjang Kota Jogja Anda bisa menemukan warung gudeg mulai dari harga yang merakyat hingga ke harga yang lebih tinggi. Selain gudeg, ternyata masih terdapat beragam makanan dan oleh-oleh  yang layak untuk Anda coba. Berikut ini beberapa oleh-oleh khas Jogja yang layak untuk Anda coba!

Yangko

Yangko merupakan oleh-oleh pertama yang wajib Anda coba. Terbuat dari bahan tepung ketan membuat makanan ini memiliki rasa gurih manis.  Bentuknya yang kecil persegi ditambah dengan baluran tepung terigu membuat makanan ini disukai banyak kalangan, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Selain memiliki rasa yang manis gurih, yangko juga memiliki bau yang wangi. Selain itu, yanko juga memiliki tekstur yang kenyal yang mudah digigit. Yangko merupakan salah satu oelh-oelh khas Jogja yang berasal dari Kota Gede Yogyakarta.  Jika dahulunya Yanko hanya berisi campuran cincangan kacang dan gula, kini seiring dengan perkembangannya rasa-rasa yangko mulai bermunculan seperti rasa stroberi, durian, coklat, melon dan lain sebagainya. Selain terkenal dengan tempat wisata di jogja juga terkenal dengan camilan-nya.

Pia/ Bakpia Oleh Oleh Khas Jogja

Bagi Anda yang pernah ke Malioboro, pasti tak asing lagi dengan makanan yang satu ini. Ya bakpia atau yang lebih dikenal dengan pia merupakan salah satu oleh-oleh yang paling banyak diburu oleh para wisatawan. Bahkan ketika Anda sedang berjalan- jalan asyik mengitari jalan Malioboro, pasti Anda sering kali mendengar istilah bakpia yang ditawarkan oleh beberapa penjual dan tukang becak disana. Makananan ini merupakan salah satu makanan khas Yogyakarta yang di dalamnya berisi kacang hijau yang dibalut dengan tepung kemudian disajikan dengan cara dipanggang. Jenis bakpia yang sering Anda jumpai di Malioboro adalah Bakpia Pathuk. Bakpia ini memiliki cita rasa yang khas dengan tekstur yang lebih lembut dari kebanyakan pia.  Anda bisa menemukan aneka bakpai pathuk 25 dan 75 di Jalan Terminal Lama Umbulharjo Yogyakarta. Selain itu ada pula Bakpia Pojok Bu Prapti ayng berlokasi di Jalan Monumen Jogja Kembali No 54 Karangjati, Yogyakarta. Namun jika Anda tak mau repot-repot berjalan jauh, cukup ke Maliboro, di kawasan gang- gang kecil seperti jalan Dagen Maliboro juga banyak dijumpai penjual Bakpia.

Geplak

Bukan Jogja namanya kalau tidak dijuluki sebagai Kota Geplak. Geplak meripakan salah satu oleh-oleh khas Jogja yang cukup fenomenal. Rasanya yang manis ditambah lagi warnanya yang beragam mulai dari putih, kuning, merah dan hijau mampu menggugah selera para penikmat kuliner. Oleh-oleh khas yang satu ini berbahan dasar gula, pewarna serta bahan dasar kelapa sebagai penguat rasa gurihnya. Selain warnanya yang beragam, variannya pun beragam, mulai dari rasa durian, nangka, coklat, vanilla dan lain sebagainya. Salah satu pusat oleh- oleh yang menyediakan makanan ini adalah took oleh-oleh Geplak Mpok Tumpuk yang berada di kawasan Jalan Sumuran, Palbapang, Palbapang, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Cokelat Monggo

Bagi Anda para penggemar coklat, tak afdol rasanya jika ke Jogja tidak mencicipi camilan yang satu ini. Ya, coklat monggo merupakan salah satu oleh-oleh khas Jogja dengan cita rasa manis dan pahit menjadi satu. Lalu apa sih bedanya coklat monggo dengan coklat lainnya?. Jelas beda , sebab coklat monggo terbuat dari 100% coklat asli tanpa campuran pengawet dan penguat rasa sehingga kualitas, rasa dan kesehatnnya terjamin sebab 100% bahan baku pembuatan coklat ini adalah buah coklat itu sendiri dengan campuran gula, Jadi bagi Anda yang ingin mencicipi cita rasa coklat yang sesungguhnya, Anda perlu mencoba dan mencicipi jenis coklat yang satu ini.

Untuk mendapatkan coklat yang satu ini Anda bisa secara langsung datang ke Jalan Dalem KG III/978 Kota Gede, Yogyakarta. Disana Anda juga dapat melihat langsung proses pembuatannya sebab lokasi pabrik memang berada di kawasan tersebut. Namun jika Anda tidak mau repot, Anda bisa mengunjungi Hero maupun Hypermart di Kota Jogja untuk membeli coklat monggo. Coklat ini biasanya didisplay secara terpisah dengan snack lainnya dan diberi aksesoris seperti patung dan pahatan-pahatan berukuran kecil khas Jogja. Anda tertarik untuk mencicipinya? Datanglah ke Jogja!

Salak Pondoh

Oleh oleh khas Jogja yang satu ini sangat identik dengan Kota Jogja. Ya, Jogja bisa dibilang sebagai wilayah dengan produksi salah pondoh terbesar di Jawa. Salak berasa manis dan legit ini banyak Anda temukan di daerah Jogja utara tepatnya di daerah- daerah kawasan Gunung Merapi seperti halnya di daerah Turi Sleman, Tempel Sleman, Muntilan Magelang dan lain sebagainya. Umumnya kawasan- kawasan yang letaknya tidak jauh dari Gunung Merapi memiliki tingkat kesuburan tanah vulkanis yang tinggi sehingga mayoritas tanah perkebunannya didominasi dengan pohon salak pondoh. Namun jika Anda hendak berwisata di Jogja sambil membeli oleh-oleh salak pondoh, berkunjunglah ke Wisata Kaliurang, Anda akan menemui keindahan alam dari dekat dan hawa sejuknya pegunungan ditambah lagi para penjual salak pondoh yang siap menjajakan dagangannya untuk Anda.

Nah, dari sekian banyak oleh oleh khas Jogja di atas, manakah yang hendak Anda prioritaskan?

Previous 3 Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Lebaran 2018
Next Cara Isi GO-PAY Melalui Driver atau BCA

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *