3 Cara Mendapatkan Tiket Kereta Api Lebaran 2018


tiket kereta api lebaran 2018

Cara mendapatkan tiket kereta api lebaran 2018 – Kereta api menjadi alat transportasi yang banyak digunakan masyarakat untuk mudik saat lebaran. Bukan menjadi rahasia umum lagi jika menjelang lebaran, berbagai macam transportasi sudah banyak yang booking sehingga ada saja yang belum kebagian tiket. Alasan mengapa transportasi banyak yang sudah penuh menjelang lebaran dikarenakan masyarakat ingin merayakan momen tersebut bersama dengan keluarganya. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika banyak yang memburu tiket transportasi menjelang lebaran ini, tidak hanya kereta api namun juga pesawat, bus maupun kapal laut. Bagi Anda yang merencanakan mudik lebaran tahun ini menggunakan kereta api tentunya tidak ingin kehabisan tiket bukan?. Berikut ini adalah beberapa cara mendapatkan karcis kereta api lebaran 2018 agar tidak kehabisan yang bisa dilakukan:

Memesan Lebih Awal

Cara mendapatkan tiket kereta api lebaran 2018 adalah memesannya lebih awal. Biasanya pihak KAI akan membuka tiket pemesanan H-60 sebelum lebaran sehingga Anda harus bersiap-siap untuk booking tiket tersebut. Pada saat mendekati hari raya justru sistem KAI akan sulit untuk diakses, meskipun Anda telah berhasil masuk, tiket akan bisa langsung ludes terjual. Jika Anda adalah pekerja kantoran maka diskusikan lah dengan atasan tentang berapa lama Anda bisa mengambil libur lebaran, tanggal berapa, dan lain-lain. Hal ini bertujuan untuk membuat Anda lebih mudah dalam memesan tiket kereta api. Akan menjadi sulit jika Anda belum mendapatkan kepastian berapa lama libur lebaran karena akan membuat Anda menjadi kesulitan untuk menentukan tanggal pulang pergi. Atau sudah memiliki jadwal untuk menikmati tempat wisata di Jogja



stasiun gambir

Hindari Memesan Pukul 12 Malam

Banyak yang menduga jika pukul 12 malam adalah cara jitu mendapatkan tiket. Padahal hal tersebut bukanlah cara tepat untuk bisa mendapatkan tiket karena pada saat itu banyak yang mengakses situs KAI.  Saat gagal login di saat jam 12 malam cobalah untuk menunggu 7 menit agar bisa masuk ke dalam sistem tersebut. Kalau tidak bisa juga coba untuk menunggu 30 menit atau 1 jam kemudian. Memang dibutuhkan kesabaran dalam melakukan pemesanan tiket secara online ini. Agar tiket bisa segera diproses, Anda harus bisa sampai ke tahap pembayaran namun jika sekadar reservasi saja maka transaksi itu akan gagal.

Mengandalkan Pihak Ketiga

Jangan hanya mengandalkan situs KAI saja untuk melakukan pemesanan tiket. Jika sulit melakukan transaksi di situs KAI, Anda bisa mengandalkan pihak ketiga. Saat ini KAI sudah bekerja sama dengan 26 pihak ketiga yang bisa menjual tiket secara online baik itu platform penyedia tiket online maupun situs e-commerce. Ibaratnya Anda ingin masuk ke Jakarta, tidak hanya bisa menggunakan satu Jalan Tol saja. Ada beberapa jalan tol yang bisa Anda tempuh untuk menuju Jakarta tersebut.

Estimasi Harga Tiket Kereta Api Lebaran 2018

Tidak hanya cara mendapatkan tiket kereta api lebaran 2018 saja yang harus diperhatikan, namun Anda harus tahu estimasi harga tiket yang diberlakukan. Untuk mudik KAI ini sudah menyiapkan tambahan minimal 700 kursi yang ditambahkan dalam setiap armada kereta api berbagai jurusan tujuannya agar banyak yang kebagian. Berikut ini adalah estimasi harga tiket kereta api yang diberlakukan selama mudik lebaran:

  1. Tiket KA ekonomi lebaran Surabaya Jakarta harga tiket mulai dari Rp104.000.
  2. KA ekonomi khusus lebaran Jakarta Yogyakarta harga tiket mulai dari Rp74.000.
  3. KA ekonomi Jakarta Kutoarjo harga tiket mulai dari Rp100.000.
  4. KA ekonomi Jakarta Semarang harga tiket mulai dari Rp85.000.
  5. Tiket KA lebaran Jakarta Kediri harga tiket mulai dari Rp85.000.
  6. KA ekonomi Jakarta Malang tiket mulai dari Rp109.000
  7. KA ekonomi lebaran Jogja Surabaya harga mulai dari Rp75.000.

Tips Mudik dengan Kereta Api

Jika Anda ingin mudik menggunakan kereta api ekonomi, sangat penting untuk mengetahui bagaimana caranya bisa mudik dengan kereta api yang aman, dan nyaman terutama jika ada anak kecil. Anda harus bisa memberikan kenyamanan kepadanya tujuannya agar anak menjadi tidak kapok diajak mudik bersama dengan Anda. Berikut ini adalah beberapa tips mudik dengan kereta api yang tidak hanya aman, namun juga nyaman:

Jangan Membawa Barang Berlebihan

Kesalahan saat mudik adalah membawa terlalu banyak barang, alhasil Anda harus membawa banyak tas ke dalam kereta api. Hal ini akan sangat merepotkan bagi Anda terutama yang memiliki anak kecil. Tangan kanan membawa tas, dan tangan kiri menggandeng anak. Selain tidak aman untuk anak Anda, hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman oleh sebab itu usahakan membawa barang yang dirasa perlu saja jangan membawa lebih dari dua tas koper besar.

Datang ke Stasiun Lebih Awal

Saat menjelang lebaran jalanan akan lebih ramai dibandingkan hari biasa, oleh sebab itu datanglah ke stasiun lebih awal minimal 2 jam sebelum jam keberangkatan. Untuk bisa melakukan check in Anda membutuhkan kode booking tiket karena sistem check in mirip dengan pesawat terbang. Tujuan dari sistem ini meminimalkan penggunaan tiket palsu, dan sudah diberlakukan sejak tahun 2016 silam.

Cetak Tiket di Konter

Anda harus mencetak boarding pass di konter yang sudah disediakan di setiap stasiun. Masukkan kode booking atau reservasi untuk mencetaknya.  Pencetakan ini bisa dilakukan maksimal 5 menit sebelum keberangkatan.

Jika Anda memesan di stasiun pada hari H, besar kemungkinan tidak ada tiket yang tersisa terutama yang kelas ekonomi. Oleh sebab itu agar tidak kehabisan tiket, lakukanlah beberapa cara mendapatkan tiket kereta api lebaran 2018 seperti yang sudah dijelaskan di atas agar Anda bisa merayakan lebaran bersama dengan keluarga tercinta.

Previous Tempat Wisata Di Bandung Terpopuler 2018
Next 5 Oleh Oleh Khas Jogja Yang Sayang Jika Anda Lewatkan

No Comment

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *